A. KEBUTUHAN SISTEM
Spesifikasi minimal perangkat keras dan lunak yang dibutuhkan untuk
dapat mengoperasikan/menjalankan sistem informasi Profil Desa dan Kelurahan
(Prodeskel PMD) adalah sebagai berikut :
Perangkat Keras
•
Personal Komputer atau Noteboook (Pentium i3,
RAM 2 GB, HDD 500 GB)
•
Layar Monitor
•
Printer LaserJet/Dot Matriks
Perangkat Lunak
•
Ms. Windows XP/7
•
PDF Printer (Bullzip,cutePDF,dll)
•
Browser :Mozilla, Google Chrome, IE9
•
Koneksi Internet Minimal 384 KBPS
B. INTERNET
Internet
(Interconnected Network) merupakan
suatu jaringan yang menghubungkan komputer yang satu dengan lainnya diseluruh
dunia. Melalui Internet, komputer dapat saling terhubung untuk berkomunikasi,
berbagi dan memperoleh informasi. Dengan semakin berkembangnya pemanfaatan
internet di dunia menjadikan internet seolah-oleh menjadi dunia sendiri
sehingga sering disebut sebagai dunia maya (cyberspace).
Internet sebenarnya adalah suatu sistem jaringan komunikasi komputer global
yang saling terhubung dengan menggunakan standar Transmission Control Protokol/
Internet Protokol (TCP/IP).
C. WEB BROWSER
Web browser (browser), peramban ramatraya disebut juga penjelajah
web, adalah perangkat lunak
yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang
disediakan oleh server web. Peramban
web yang populer adalah Internet Explorer,
Firefox dan Google Chrome. Peramban web adalah jenis perantara pengguna
yang paling sering digunakan. Ramat
jembar (wide web) sendiri adalah
kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang
dikenal sebagai Waring Wera Wanua.
Anatomi web browser yang harus dikenali adalah sebagai berikut :
D. HIRARKI PENGGUNA
Hirarki pengguna yang berlaku dalam sistem
adalah sesuai dengan hirarki yang ada dalam pemerintahan yaitu dari tingkat
desa sampai pusat. Pengguna tingkat desa adalah satu-satunya pengguna yang
diberikan fasilitas untuk melakukan entri, edit, dan delete. Hirarki pengguna
sistem informasi Profil Desa dan Kelurahan adalah sebagai berukut :
No
|
Tingkat
|
Lingkungan Kerja
|
Nama
|
Previlege
|
Jumlah
|
||||||||
Pengguna
|
Pengguna
|
||||||||||||
1
|
Desa/Kelurahan
|
Desa yang
|
Kode desa (10
|
Read, write,
|
78.609
|
||||||||
bersangkutan
|
Digit numerik)
|
add, delete
|
|||||||||||
and modify
|
|||||||||||||
(Full Acces)
|
|||||||||||||
2
|
Kecamatan
|
Kecamatan
yang
|
Kode
|
Read
Only
|
|||||||||
bersangkutan
dan
|
Kecamatan
(7
|
||||||||||||
desa/kelurahan
yang
|
Digit Numerik)
|
||||||||||||
ada di
dalamnya
|
|||||||||||||
3
|
Kabupaten
|
Kabupaten
yang
|
Kode
|
Read Only
|
521
|
||||||||
bersangkutan
dan
|
Kabupaten (4
|
||||||||||||
kecamatan,
|
Digit Numerik)
|
||||||||||||
desa/kelurahan
yang
|
|||||||||||||
ada di
dalamnya
|
|||||||||||||
4
|
Provinsi
|
Provinsi yang
|
Kode
|
Read
Only
|
33
|
||||||||
bersangkutan
dan
|
Kabupaten
(2
|
||||||||||||
kabupaten,
|
Digit Numerik)
|
||||||||||||
kecamatan,
|
|||||||||||||
desa/kelurahan
yang
|
|||||||||||||
ada di
dalamnya
|
|||||||||||||
5
|
Pusat
|
Seluruh
Wilayah
|
pmdjakarta
|
Read Only
|
1
|
||||||||
6
|
Admin Sistem
|
Seluruh
Wilayah
|
admin
|
Full
Access
|
1
|
||||||||
1.
Password
Setelah Komputer dinyalakan, aktifkan browser
yang tersedia (Firefox/ Chrome/IE9), kemudian ketikkan alamat http://prodeskel.binapemdes.kemendagri.go.id/mpublik/
ke dalam kotak alamat browser. Apabila proses berjalan sempurna maka akan
keluar halaman sebagai berikut :
o
Masukkan kode desa/kabupaten/provinsi/pusat ke
dalam kotak Username.
o
Isikan pula ke dalam kotak password (password
baru minta di Bagian Pemerintahan)
o
Setelah kode dimasukkan maka klik tombol login, atau bisa dengan langsung menekan
tombol enter di keyboard komputer
o
Apabila password
dan username sesuai maka akan keluar
halaman sebagai berikut :
E. ENTRI DATA
Untuk memulai meng-entri data awalnya kita entri data Kepala Keluarga, disini kita liat ada menu DDK Kontinyu dan DDK Terputus, Pengertiannya adalah :
o
DDK
Kontinyu adalah pengimputan Kepala Keluarga yang terus menerus tanpa menutup
menu Entrinya
o
DDK
Terputus adalah Pengimputan Kepala Keluarga yang apabila masuk dalam Kepala
Keluarga yang baru akan kembali ke menu awal
o
Untuk
lebih cepat saya sarankan menggunakan menu DDK Kontinyu
Setalah masuk dalam Menu DDK Kontinyu klik di menu KK baru untuk memilih entry Data seperti Gambar di Bawah ini :
Selanjutnya Menu inputan Kepala
Keluarga seperti gambar dibawah ini, pengimputan dilakukan sesuai dengan Warga
Masyarakatnya setelah selesai semua kolom pengisian diisi selanjutnya di menu
atas atau bawah ada button simpan
Setelah semu selesai disimpan maka hasil imputan kita akan muncul di menu Selesai sudah kita mengimput untuk Kepala Keluarga, untuk Selanjutnya akan di buat dalam tutorial berilutnya... thank’s
0 komentar:
Post a Comment