Tutorial Entry Data Part 1


A. KEBUTUHAN SISTEM
Spesifikasi minimal perangkat keras dan lunak yang dibutuhkan untuk dapat mengoperasikan/menjalankan sistem informasi Profil Desa dan Kelurahan (Prodeskel PMD) adalah sebagai berikut :
Perangkat Keras
      Personal Komputer atau Noteboook (Pentium i3, RAM 2 GB, HDD 500 GB)
      Layar Monitor
      Printer LaserJet/Dot Matriks
Perangkat Lunak
      Ms. Windows XP/7
      PDF Printer (Bullzip,cutePDF,dll)
      Browser :Mozilla, Google Chrome, IE9
      Koneksi Internet Minimal 384 KBPS

B. INTERNET
Internet (Interconnected Network) merupakan suatu jaringan yang menghubungkan komputer yang satu dengan lainnya diseluruh dunia. Melalui Internet, komputer dapat saling terhubung untuk berkomunikasi, berbagi dan memperoleh informasi. Dengan semakin berkembangnya pemanfaatan internet di dunia menjadikan internet seolah-oleh menjadi dunia sendiri sehingga sering disebut sebagai dunia maya (cyberspace). Internet sebenarnya adalah suatu sistem jaringan komunikasi komputer global yang saling terhubung dengan menggunakan standar Transmission Control Protokol/ Internet Protokol (TCP/IP).
C. WEB BROWSER
Web browser (browser), peramban ramatraya disebut juga penjelajah web, adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Peramban web yang populer adalah Internet Explorer, Firefox dan Google Chrome. Peramban web adalah jenis perantara pengguna yang paling sering digunakan. Ramat jembar (wide web) sendiri adalah kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal sebagai Waring Wera Wanua. Anatomi web browser yang harus dikenali adalah sebagai berikut :


D. HIRARKI PENGGUNA

Hirarki pengguna yang berlaku dalam sistem adalah sesuai dengan hirarki yang ada dalam pemerintahan yaitu dari tingkat desa sampai pusat. Pengguna tingkat desa adalah satu-satunya pengguna yang diberikan fasilitas untuk melakukan entri, edit, dan delete. Hirarki pengguna sistem informasi Profil Desa dan Kelurahan adalah sebagai berukut :

No

Tingkat

Lingkungan Kerja


Nama

Previlege

Jumlah


Pengguna



Pengguna





























1

Desa/Kelurahan

Desa yang


Kode desa (10

Read, write,

78.609




















bersangkutan


Digit numerik)

add, delete













and modify


























(Full Acces)



2

Kecamatan

Kecamatan yang

Kode
Read Only








bersangkutan dan

Kecamatan (7










desa/kelurahan yang

Digit Numerik)










ada di dalamnya









3

Kabupaten

Kabupaten yang


Kode

Read Only

521





bersangkutan dan


Kabupaten (4










kecamatan,


Digit Numerik)










desa/kelurahan yang













ada di dalamnya








4

Provinsi

Provinsi yang

Kode
Read Only
33





bersangkutan dan

Kabupaten (2










kabupaten,

Digit Numerik)










kecamatan,













desa/kelurahan yang













ada di dalamnya









5

Pusat

Seluruh Wilayah

pmdjakarta

Read Only

1
6

Admin Sistem

Seluruh Wilayah

admin
Full Access
1















1.  Password
Setelah Komputer dinyalakan, aktifkan browser yang tersedia (Firefox/ Chrome/IE9), kemudian ketikkan alamat http://prodeskel.binapemdes.kemendagri.go.id/mpublik/ ke dalam kotak alamat browser. Apabila proses berjalan sempurna maka akan keluar halaman sebagai berikut :




o   Masukkan kode desa/kabupaten/provinsi/pusat ke dalam kotak Username.
o   Isikan pula ke dalam kotak password (password baru minta di Bagian Pemerintahan)
o   Setelah kode dimasukkan maka klik tombol login, atau bisa dengan langsung menekan tombol enter di keyboard komputer
o   Apabila password dan username sesuai maka akan keluar halaman sebagai berikut :




E. ENTRI DATA
Untuk memulai meng-entri data awalnya kita entri data Kepala Keluarga, disini kita liat ada menu DDK Kontinyu dan DDK Terputus, Pengertiannya adalah :
o   DDK Kontinyu adalah pengimputan Kepala Keluarga yang terus menerus tanpa menutup menu Entrinya
o   DDK Terputus adalah Pengimputan Kepala Keluarga yang apabila masuk dalam Kepala Keluarga yang baru akan kembali ke menu awal
o   Untuk lebih cepat saya sarankan menggunakan menu DDK Kontinyu

Setalah masuk dalam Menu DDK Kontinyu klik di menu KK baru untuk memilih entry Data seperti Gambar di Bawah ini :




Selanjutnya Menu inputan Kepala Keluarga seperti gambar dibawah ini, pengimputan dilakukan sesuai dengan Warga Masyarakatnya setelah selesai semua kolom pengisian diisi selanjutnya di menu atas atau bawah ada button simpan





Setelah semu selesai disimpan maka hasil imputan kita akan muncul di menu Selesai sudah kita mengimput untuk Kepala Keluarga, untuk Selanjutnya akan di buat dalam tutorial berilutnya... thank’s

0 komentar:

Post a Comment